Rabu, 02 November 2011

kiat-kiat merakit komputer sendiri

Tahapan dalam perakitan komputer adalah Persiapan,perakitan,pengujian dan penanaganan masalah.Persiapan yang baik akan memudahkan perkitan komputer serta menghindari masalah yang akan timbul.
hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah penentuan konfiguaasi komputer,dengan kita menentukan jenis komputer dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prossesor,motherboard,lalu komponen lainnya.terhadap motherboard kita harus memperhatikan karena setia enis motherboard mendukung jenis prosessor,modu memori,por,dan I/O bus yang berbeda-beda.Kedua persiapan komponen dan perlengkapan yaitu komponen komputer beserta perlengkapan untuk dipersiapkan terlebih dahulu untuk memudahkan perakitan yang terdiri dari :
1. komponen komputer
2. Kelengkapan komputer seperti,kabel,sekrup jumper,baut dsb.
3. Buku manual dan referensi dari komputer
4. Alat bantu berupa obeng minus dan obeng kembang
5. Software sistem operasi,device driver dan program aplikasi
Disket atau cd diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.
 
Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:
  • Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
  • Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:
1. penyiapan motherboard
2. memasang prossesor
3. memasang heatsink
4. memasang modul memori
5. memasang mother pada casing
6. memasang power supply
7. memasang kabel mother dan casing
8. memasang drive
9. memasang card adapter
10. penyelesaian terakhir

Komputer yang baru selesai dirakit dapat ddiuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:
  1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
  2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
  3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
  4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
  5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.
Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.

Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
  1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
  2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/ 
  3. LED dari hardisk,floppy atau cd menyala terus disebkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung..........   Jadi dengan merakit sendiri komputer kiata dapat menentukan jenis komponen,kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar